Perjalanan Menumpang Sofa Mobil #1

Sudah lama deh rasanya update tentang perjalanan ke Kansas. Catatan perjalanannya banyak, cuma banyakan curhat isinya, dan mungkin akan membosankan kalau dibagi di sini. Jadi dalam sesi pemilahan, adalah sebuah cerita tentang Couch Surfing yang akan aku bagi disini, terkait juga dengan gelaran CSI festival 2012 yak, kali aja dapet tas Eiger gituuu kaan (ngarep) ;).

 

Sebelum berangkat ke Kansas, jelas keinginan untuk tahu seluk beluk dunia yang lain itu sangat besar. Kapan lagi dapet kesempatan maen ke belahan dunia lain dan jalan jalan sore di sana. Hanya saja pasti akan ada kendala di transportasi atau pengetahuan lokal tentang daerah itu. Dan pikiran akhirnya jatuh pada Couch Surfing, yang demi kesehatan jari mari kita singkat dengan CS. Sebuah situs pertemanan orang-orang doyan jalan yang diperkenalkan oleh kawanku Amelia tahun lalu. Waktu itu aku buru-buru bikin akun dan tak terlalu sempat mengurusi, tapi saat akan berangkat ke Kansas, mulailah gerilya berteman dengan berbagai macam orang dimulai. Aku mencari-cari orang-orang yang sepertinya asyik untuk diajak jalan. Secara tempatku menghabiskan dua bulan belajar bahasa di Kansas adalah University of Kansas yang notabene terletak di daerah kecil berjudul Lawrence.

Aku sudah mengirimkan message ke beberapa orang yang sepertinya asyik diajak nongkrong. Dan jadilah akhirnya aku bertemu orang pertama, Daniel Steinmann, seorang pria yang berasal dari Swiss. Ia seorang peneliti dan bekerja di University of Kansas. Awalnya agak takut juga, akhirnya aku memberanikan diri untuk bepergian bersama, dan benar, baik-baik saja. Ia menjemputku di dorm dan mengajakku ke Clinton Lake, sebuah danau yang sangat besar di Lawrence, karena di Lawrence tidak ada laut, yah perjalanan kali ini sangat menghibur, setidaknya aku lihat air!

Clinton Lake terletak cukup jauh dari tempatku tinggal, dan parahnya tidak ada bus yang menuju kesana. Entah karena memang tidak ada atau karena summer banyak kegiatan yang ditiadakan, bukan tidak mungkin transportasi menuju Clinton Lake juga ‘diistirahatkan’. Jadilah kami berkendara sekitar 30 menit melewati jalanan yang kanan kirinya perkebunan gandum. Sampailah kami pada salah satu pemberhentian Clinton lake. Di sana kami harus memulai trekking sekitar 15 menit melewati hamparan kayu dan hutan mini yang aku yakin semuanya manmade. Kami ngobrol mengenai beberapa hal dan akhirnya sampai di pinggir danau. Meski keinginan berenang sangat tinggi, aku tidak membawa baju dan menumpang di sofa mobil orang, jadilah aku kalem kalem aja dan berusaha menikmati pemandangan senikmat mungkin. Clinton Lake ini sendiri merupakan bendungan dan dulunya bekas markas US Army di Lawrence. Tidak heran kalau kita bisa melihat pos-pos tak bertuan. Danau ini menjadi ruangan rekreasi vital masyarakat Lawrence, Kansas.

Daniel kerap memberikan beberapa masukan kalau semisal mau jalan-jalan di daerah Lawrence.  Ia sendiri mengakui kalau di Lawrence memang tidak terlalu banyak yang bisa dilihat. Tidak seperti di Switzerland, Negara asalnya atau di Indonesia, asalku. Dan memang benar adanya, karena aku juga sudah sempat browsing dan ngobrol-ngobrol dengan penduduk di Lawrence. Namun beberapa hal yang bisa dinikmati dari segi alam ataupun untuk trekking di sini yah sekitaran Clinton Lake saja. Di sana sini ada kawasan semak-semak mini dimana kita bisa menikmati pepohonan dan BBQ-an dengan kawan-kawan. Ia juga memberikan beberapa masukan khususnya untuk menikmati downtown Lawrence di saat summer seperti ini.

Sejauh ini menemukan kawan jalan di CS sangat berguna dalam menambah jejaring pertemanan baru bagi mereka yang suka jalan khususnya dan untuk menambah informasi (serta tebengan) saat kita berada di tempat yang sama sekali baru. Selain itu beberapa member yang aku temui memang sangat terbuka dan asyik diajak jalan. Jadi, sudahkan kalian mencobai CS sampai hari ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *