Sekali, Sudah Itu Lagi #Laut

Semerbak udara asin, deburan ombak yang bersahaja, lembutnya pasir pantai saat merayap di telapak kaki….

Ah, aku kangen laut.

Kangen laut bukan barang baru bagiku. Bukan sekali dua kali kangen laut melanda. Namun sering sekali. Mungkin bisa dibilang tiap bengong, pikirannya langsung ke laut (nahlo).

Di Menjangan. pic by Viar

 

Padahal Bali itu letaknya di tengah laut, kok bisa masih kangen laut? Yah kerjaan dan kemalasan menyebabkan timbulnya penumpukan hal yang harus dilakukan sehingga kadang (dan seringnya) waktu untuk ke laut, bermain-main, bersenda gurau sambil ngambang di permukaan laut terpangkas sudah.

Tapi jangan sedih, karena laut di Bali sangat mudah dijangkau, mulai dari yang orangnya numpuk sampe yang masih sepi, nanti bisa ke laut kapan aja. Kapan aja pas udah ada waktu, ihik.

 

Snorkeling. sketch by linapw

Apa aja yang bisa dilakuin di laut? Kalo ada yang nanya kayak gini depan idungku langsung tak cubit deh. Nanyanya ga beraturan begitu…. Banyak hal bisa dilakuin di laut! Mulai dari yang odong kayak guling-gulingan ato sekedar jongkok. Sampe yang niat dan penuh tenaga kayak snorkeling, renang sekilo pp, atau diving menikmati ikan-ikan yang bercinta. Semua bisa dilakuin di laut! Jadi jangan sekali sekali berpikir untuk nanya ‘apa yg bisa dilakuin di laut cin?’ oke? okeeeee? deal! *maksa dikit*

Di Bali sendiri ada beberapa spot yang oke banget dijadiin tempat snorkeling. Beberapa yang sudah pernah kudatengin itu ada Menjangan, Penida, Lembongan, Amed, Tulamben, Blue Lagoon, dan Serangan. Sejauh ini untuk keyahudan snorkeling jatuh pada Menjangan. Laut sekitar pulau Menjangan itu punya beberapa site snorkeling dan diving. Airnya jernih dan karangnya beragam. Joss bangetlah dijadiin tempat bercengkrama dengan laut. Yang kedua ciamik itu di kawasan Manggrovenya Lembongan. Ikannya macem-macem dengan ketinggian air yang masih masuk akal untuk melihat kehidupan laut. Yang juga oke ada di pantai Penida. Karangnya rapet-rapet kayak habis digurah #eh. Tapi seriusan deh sejauh mata memandang isinya karang aja dengan berbagai mahluk pendukungnya. Dalem air pun bakalan bilang wow deh. Cuma di Penida ombaknya agak keras, jadi pastiin kalian maen airnya rombongan dan saling jaga (bukan berarti saling pegangan nyari kesempatan yah,hihi).

Tempat-tempat lain yang ku sebutin tapi ngga kupaparkan bukan berarti gak bagus. Cuma pas kesana selalu kejernihannya kuranglah, pas lagi pasanglah, jadi ngga bagus-bagus amat ngeliatnya. Misalnya di Amed dan Tulamben, iya sih ada bangke kapal yang dipenuhi karang dan ikan, iya sih ikannya gede-gede, cuma kita ga bisa liat detail kalo snorkelingan doang, soalnya yang kita liat dari permukaan cuma ujung kapalnya doang. Jadi ga terlalu yahudlah untuk berlama-lama ngambang.

Snorkeling gear. pic by linapw

Gak salah dong kalo udah maen-maen di laut sekali pasti pengen lagi. Jadi, siapa mau ikut aku ke laut dalam waktu dekat ini?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *