Bertualang di Dunia Para Naga

Judul : Tantangan Naga, Tahun Terbit : 2004
Pengarang : Patricia C. Wrede ,Penerbit : Kaifa For Teens
Tebal Buku : 297 halaman, Harga : Rp. 36.500,00

emang buku lama, tapi wajib dibaca deeeh....

Penasaran dengan para Naga? Pengen nyoba petualangan yang seru dan menggugah adrenalin? Ngaku addict ama buku fiksi petualangan ala Harry Potter? Coba perdalam ilmu kedunia magisanmu dengan buku petualangan lama bertajuk Tantangan Naga karangan Patricia C. Wrede ini.

Buku pertama dari 2 buku seri “Hutan Pesona” ini bercerita tentang petualangan Putri Cimonere. Putri raja yang cerdas dari kerajaan Linderwall. Sebagai putri, ia lebih senang berlatih pedang, belajar mantra dari pesulap, belajar bahasa latin dari filsuf kerajaan, memasak bersama koki istana atau belajar melempar bola bersama badut kerajaan. Tidak seperti kakak-kakak perempuannya, putri bungsu 7 bersaudara ini lebih senang bertualang daripada menyulam atau melakukan hal-hal yang dilakukan seorang putri. Dia adalah segala hal yang bukan seharusnya ditemukan dalam diri seorang putri: keras kepala, tomboy dan haus tantangan.
Sang putri merasa sangat bosan-kebosanan yang amat sangat- sampai ia memilih lari dari istana untuk hidup bersama seekor naga. Bukan naga biasa, tapi Kazul-naga paling kuat di pegunungan pagi. Dia pun menemukan petualangn yang dicari. Naga mempunyai sifat yang tertutup terhadap manusia. Tinggal bersama Kazul pulalah membuatnya mengetahui bagaimana kehidupan para naga seperti politik para naga, tradisi-tradisi mereka, hingga musuh-musuh mereka. Merasa aman bersama para Naga, siapa sangka ia malah akan bertarung melawan perkumpulan penyihir yang menginginkan sebuah batu yang dipercaya untuk memilih Raja Naga baru yang juga merupakan sumber kekuatan para Naga. Sampai akhirnya ia mengetahui kelemahan para naga yang sangat mematikan. Dari sanalah petualangannya menolong para naga berawal. Ia bersama seorang putri tawanan naga lain dan seorang pangeran batu berusaha menyelamatkan pemilihan Raja naga baru yang diketahui akan dicampuri oleh para penyihir agar seekor naga penghianat yang memihak para penyihir dapat memenangkan pemilihan tersebut.
Buku karangan Patricia C. Wrede ini telah dianugerahi berbagai penghargaan, beberapa diantaranya adalah buku terbaik tahun 2004 versi School Liblary Journal, buku pilihan Editor versi Booklist, buku pilihan remaja versi New York Public Liblary, buku terbaik untuk remaja versi ALA, buku pilihan untuk remaja versi IRA dan masih banyak lainnya.. Banyak buku yang ia hasilkan sebelum Tantangan Naga, salah satunya adalah Sorcery and Cecelia or The Enchanted Chocolate Pot sebaik kedua bukunya yang lain dalam seri “Hutan Pesona”. Ia juga penulis novelisasi film blockbusters Star Wars Episode I: The Phantom Menace dan Star Wars Episode II: Attack of The Clones untuk Remaja.
Secara keseluruhan, buku setebal 297 halaman ini dapat dikatakan memiliki segala hal yang dapat mengkategorikan buku ini sebagai buku fiksi terbaik bacaan remaja. Beberapa hal dalam novel ini sendiri dapat membuat kita terbang dalam imajinasi tanpa batas dengan alur cerita berliku-liku, banyak aksi serta humor tinggi yang dapat membuat kita tertawa lepas. Namun sangat disayangkan ketidak konsistenan Patricia dalam penggunaan kata-kata baku dan tidak baku. Di beberapa bab dalam bukunya, Patricia menggunakan kata-kata yang sangat baku. Sementara di beberapa bab lainnya, ia menggunakan kata-kata yang sama sekali tidak baku. Dari segi cover, bisa dilihat kecintaannya terhadap remaja sangatlah besar. Ini dibuktikan dengan cover bukunya yang sangat meremaja yaitu berwarna hijau terang dengan gambar seorang putri dan seekor Naga, yang memang sangat cocok dengan karakter generasi muda jaman sekarang.
Kalau kau juga haus tantangan seperti Cimonere, bertualanglah bersamanya di dunia para Naga, melawan Perkumpulan Penyihir, menemukan ramuan penangkal embusan naga api dan aneka keajaiban lainnya dalam buku ini. (pw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *